Cari Roommate? Ke Serumah.com Aja!

Monday, November 28, 2016

Hola Peeps! It's been quite sometimes ya saya nulis di blog. Pengen nulis sih sebenernya tapi lagi nggak ada ide, jadi maafkan ya! Hehe.


Kebetulan saya lagi di rumah nih, lagi nganggur sambil nyiapin segala sesuatu buat pendaftaran kuliah magister saya. Pengumumannya masih nanti bulan Januari, jadi ya saya bakal agak lama di rumahnya. Selain mikirin berkas-berkas pendaftarannya, sebenernya saya kepikiran hal lain kalau saya beneran kuliah lagi nanti. Nggak lain dan nggak bukan adalah mengenai tempat tinggal saya selama kuliah. 


Sebagai anak rantau, ngekos jadi pilihan pertama buat tempat tinggal. Pas awal S1 dulu (nggak dulu-dulu banget kok, 4 tahun aja wkwk), saya yang harus langsung ikut kegiatan buat mahasiswa baru setelah daftar ulang, ngerasa terbantu banget karena ada kakak kelas SMA yang juga kuliah di UI yang bantuin saya cari kosan. Jadi begitu saya sampai di Depok, saya nggak perlu numpang di kosan senior dan bisa tidur di kamar sendiri deh. Kalau sekarang, kayaknya saya nggak perlu lagi deh minta tolong senior saya buat nyariin kos-kosan, sudah ada banyak website yang menyediakan informasi mengenai penyewaan kamar ataupun apartemen, bahkan bisa langsung pesan dari website tersebut. Salah satunya adalah Serumah.com.



Apa sih Serumah.com?
Serumah.com adalah platform yang menghubungkan pengguna untuk mencari teman sekamar dan berbagi kamar. Kamu yang pengen berbagi kamar sewa (sharing room rent) bisa mengiklankan kamar kamu di Serumah dan mencari roommate. Jadi kamu bisa membagi biaya sewa kamar kamu, dan pastinya menghemat pengeluaran bulanan kamu!

Fiturnya apa aja sih?
Ada tiga fitur utama di website serumah.com, yaitu:

a. Penyewa yang ingin mencari teman patungan sewa. Kamu dapat mengiklankan apartemen, kost atau rumah sewa dan mencari calon penyewa. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri kamu terlebih dahulu sebagai user di: http://serumah.com/register kalau kamu mau mengiklankan tempat tinggal kamu ya.



b. Pencari tempat tinggal (apartemen, kost, rumah sewa) bisa mencari properti yang mereka butuhkan sesuai dengan budget (Price Range) dan juga lokasi (Map Function) dengan fitur Find Room.



c. Pencari Roommate, yaitu mereka yang ingin mencari teman untuk tinggal bersama dan berbagi biaya tempat tinggal bersama dengan orang lain (baik itu housemate, roommate, kostmate atau flatmate). Kamu bisa lihat daftarnya di http://serumah.com/search-people/ lalu pilih "orang yang mencari teman sekamar/people looking for a room". Di halaman http://serumah.com/search-people/, kamu juga akan menemukan opsi "orang yang mencari penyewa/people looking for a tenant". Di menu tersebut kamu jakan menemukan profil penyewa yang ingin mencari teman patungan sewa yang mengiklankan properti yang mereka tempati (kost, apartemen, rumah sewa).



Kalau kamu coba buka websitenya, kamu bisa coba sendiri fitur-fitur tersebut dan mungkin bisa langsung dapat teman sekamar (kalau ada yang cocok :D)


Website Serumah.com ini tergolong baru ya, jadi masih belum terlalu banyak pilihan buat kamar yang bisa disewakan. Di setiap info kamar disediakan informasi yang cukup lengkap tentang orang yang menyewakan, misalnya tentang peraturan merokok dan bawa hewan peliharaan, terus fasilitasnya, usia dan pekerjaan yang menyewakan, bahkan attitude-nya. Kamu yang mau nyewa kamar jadi bisa menilai sendiri kamu cocok nggak sama calon teman sekamar kamu ini. Kalau aku lihat juga, rata-rata penyedia kamarnya masih ada di sekitaran Jakarta aja. Ke depan mungkin dari Serumah.com bisa lebih memperbanyak user yang ada di luar Jakarta karena pasti banyak sih orang yang lagi nyari kamar kos atau apartemen di luar Jakarta, dan memperbaiki fitur-fitur yang ada kayak foto dari kamar yang disewakan yang harusnya dibikin a must buat para pemilik kamar buat diupload, biar kita yang mau nyewa juga nggak ngerasa beli kucing dalam karung.

Serumah.com ini menurutku bakal ngebantu banget anak-anak rantau, baik yang merantau karena kuliah ataupun kerja buat segera dapat tempat tinggal di tanah rantaunya. Nggak cuma itu, karena sifatnya sharing room, kamu juga bisa langsung dapat kenalan baru dan nggak bakal krik deh di tanah rantau :)

You Might Also Like

2 comment(s)

  1. Semangat firr buat kuliah S2nya, oh ya km mau kuliah S2 dimana ?
    duh maaf jadi oot dari postingan hehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soon kalo udah pengumuman aku kasih tau Nez hihi :3

      Delete