Femind Challenge

Friday, April 06, 2012



Femind ngadain challenge!!! Dan challenge-nya bener-bener keren, bisa banget buat meningkatkan rasa nasionalisme dan primordialisme #eh. Challenge accepted and cekkidot!

1. Nama kotaku
Pati, kadang disebut kota paranormal, kota pensiunan, dan terakhir kali terkenal dengan sebutan kota seribu karaoke ._.

2. Lagu daerahku dan liriknya
Gandul Pati

Paribasan yen kutha mawa tata
Paribasan lamun desa mawa cara
Gadhing gajah, patil lele, loreng macan
Najan Pati uga duwe pepethingan

Sega gandul tinemu ing saben papan
Wiwit sore, tengah wengi nganti tekan wanci enjang 
Rakyat cilik lan pejabat mesthi kenal sega gandul

Segane sega gandul, nyata mligi beda rasa
Segane gandul pati, rega murah tur mirasa

Tumbar jinten manis jangan mrica santen
Kecap jahe bumbu liya sacukupe
lawoh empal daging sapi ngambrah-ambrah
Sega gandul jajan ciri tlatah Pati
----------
Well, sebenernya itu bukan lagu daerah, tapi lagu tentang daerahku, tapi ya udahlah, mumpung ada di LKS bahasa Jawa kelas XI semester 2 #UPS

3. Mitos terkenal di daerahku
Aku sih kurang tau ya mitos-mitos di daerahku, maklum baru 5 tahun hidup disini -_- Tapi yah ga begitu-begitu "buta" amat sama cerita-cerita daerah Pati. Ada cerita Saridin/Syeh Jangkung, muridnya Sunan Kudus yang rada edan, terus ada Pintu Gerbang Majapahit di daerah Rendole, terus ada makam Angling Dharma di Sukolilo, terus apa lagi yaaaa...
Kalo yang serem-serem, dateng aja ke SMA 1 Pati, sekolah tercintaku, di sekolahku ini ada 1 kamar mandi yang ngga pernah dibuka loh, yah ada "sesuatunya" gitu kata guruku. Terus di depan sekolahku ada gedung eks-karesidenan yang sekarang jadi rumah dinas bupati. Disana ada satu ruangan yang ngga bisa dibuka dan sering banget ada suara gelontangan dari dalem ruangan itu. Gedung karesidenan sendiri keren lho, halamannya luas banget, sering dibuat tempat foto pre-wedding dan tempat latihan drama anak SMA 1 :D

4. Makanan khas daerahku
Nasi Gandul
Bandeng presto Juwana

Petis Runting

Di Patiiiiiii, ada pabrik kacang Dua Kelinci
Jadi anggep aja ini makanan khas Pati juga :D

5. Baju daerahku 





Baju daerah Pati agak sedkit beda sama baju daerah Jawa Tengah pada umumnya, terutama buat pakaian cowoknya, soalnya baju daerah Pati buat cowok pake bawahan celana (yang menurutku congklang) dan warnanya pun dominan hitam. Foto pertama itu fotonya temenku, Anisa Maharani, yang ikut Duta Wisata Pati tahun 2011. Kalo yang bawah, foto kakak kelasku, mas Addodhia Permana sama Mbak Yohana Setianing Sejati, dua-duanya menang di ajang Duta Wisata Kabupaten Pati tahun 2010.

6. Tradisi di daerahku
Ada beberapa tradisi di Pati yang setauku sampe saat ini masih sering dilakukan. Diantaranya ada Meron, tradisi memperingati tahun baru Islam (1 Muharram/Syura) bagi masyarakat Sukolilo, ada arak-arakan gunungannya juga. Terus ada juga sedekah bumi dan sedekah laut, sedekah bumi ini biasanya dilakukan di desa-desa yang jauh dari laut, kalo sedekah laut ini biasanya dilakukan sama desa-desa yang letaknya di pinggir pantai dan penduduknya banyak yang jadi nelayan. Oh iya, ada juga lomban, mirip-mirip sama sedekah laut, tapi pelaksanaannya H+7 Lebaran Idul Fitri, cuma 2 daerah yang ngadain tradisi lomban ini, yaitu kecamatan Tayu dan kecamatan Juwana. Tradisi-tradisi di atas maknanya lebih ke mengucap syukur sama Tuhan atas apa yang udah dikasih selama ini.

Yes!! Challenge done! Boleh ke kamar mandi sekarang?? Eh, kenapa juga harus ijin?? Ah sudah, makan dulu sanah -_-

You Might Also Like

0 comment(s)