Gue Anak IPS, Terus Kenapa?

Friday, October 07, 2011


Pertama kali masuk SMA, gue sama sekali belum mikir mau masuk jurusan apa. Walaupun tau kalo di penghujung kelas X bakal disuruh milih, gue masa bodo sama penjurusan. Yah, gue tau kalo nilai berpengaruh, jadi bukan berarti gue males-malesan belajar lah. Sayangnya, beberapa bulan ngerasain jadi anak SMA, gue jadi illfeel sama pelajaran IPA, okelah secara materi gue sedikit bisa ngerti, tapi dari faktor guru, jangan ditanya, bray! Ga kuaaaaaat! >.< sumpah nih ya, yang namanya pelajaran kimia, kalo gurunya masuk kelas, bawaannya ngantuk mulu, udah gitu, dari cara beliaunya nyampein materi, haduuuuh, sumpah bikin pengen mewek sekenceng-kencengnya. Gue SAMA SEKALI ga bisa ngerti apa yang beliau sampein, sedikitpun enggak! entah karena kapasitas otak gue yang dikit ato emang beliaunya yang kaya dosen, gue gatau (-_-“).
Berdasarkan pengalaman gue itu, sedikit banyak berpengaruh sama pilihan jurusan gue. Guru-guru mapel IPS lebih ngebikin gue tertarik. Entah dari segi penyampaian materi, interaksi sama murid, semuanya bikin gue semangat tiap kali mulai pelajaran. Sedikit demi sedikit, muncul hasrat gue buat masuk IPS. Makin lama hasrat itu makin gede, seiring makin enegnya gue sama pelajaran IPA ^.^v Ditambah lagi, selama sekitar 3bulan gue ga masuk kelas karena sibuk latian PBB, jadilah gue makin bego di pelajaran IPA, tapi lumayan nyantol di pelajaran IPS.
Niat sih tinggal niat, tapi kenyataan bicara lain, orang tua gue nentang abis-abisan niat gue masuk IPS. Kata mereka IPA itu lebih enak soalnya pilihan jurusan kuliahnya banyak. Kalo menurut gue sih, semakin banyak justru bakal makin bingung kita milih, apalagi kalo kita IPAnya Cuma sekedar ‘IPA’, ga guna juga kan? ;) Terus kata ortu gue lagi, IPS itu tempatnya anak-anak nakal. Menurut gue engga juga tuh, anak IPA juga banyak yang lebih nakal daripada anak IPS. Gue pun tetep keukeuh sama niat gue, di dalem hati, walopun gue bersikap seakan-akan nurut ortu aja lah.
Waktunya pembagian raport kelas X semester 2, hasilnya sesuai kemauan gue, gue masuk IPS. Ortu gue muntab. HP gue disita, liburan gue disuruh belajar buat ikut tes pindah jurusan. Tapi, sekalipun gue ikut tes itu, hasilnya bikin sakit ati. Yang diambil 9 orang, dan gue peringkat 10. Buat gue cukup deh ya usahanya buat masuk IPA. Gue sih happy-happy aja masuk IPS, tapi orang tua gue yang masih sewot dan nganggep kalo gue bakal main-main masuk jurusan ini. gue pun janji sama diri gue sendiri, gue harus tunjukin kalo emang ini pilihan gue, dan gue nggak akan main-main.
Semester 1 gue dapet peringkat 2 kelas dan peringkat 5 paralel. Buat ortu gue itu belum cukup, mereka minta lebih. Oke gue turutin tantangan mereka, meskipun sering gue sakit ati atas kata-kata mereka yang ngerendahin gue sebagai anak IPS. Tapi yang bikin gue tambah eneg lagi, tiap kali ada acara keluarga, pasti ada yang Tanya, “Fira kelas berapa? Besok masuk kedokteran aja ya kalo kuliah!” halooooo, siapa sih kalian seenaknya ngomong?! Kenapa ngga Tanya dulu gue jurusan apa, mau ambil fakultas apa kalo kuliah. Kalo udah ada pertanyaan kaya gitu, jawaban gue Cuma, “Aku anak IPS kok, ga minat tuh ke kedokteran.” Langsung diem deh orang yang nanya.
Semester 2, gue peringkat 2 kelas dan peringkat 2 paralel. Bokap akhirnya bilang, “Kamu udah bisa buktiin ke ayah kalo kamu serius ambil jurusan ini. ayah percaya sama kamu sekarang.” Ati gue seneng, akhirnya bokap mau nerima pilihan gue. Tapi pertanyaan “Fira kelas berapa? Besok ambil kedokteran aja” masih belom berhenti ditanyain ke gue sama siapapun. Dan jawaban gue tetep sama, “Aku anak IPS kok. Aku ga minat ambil kedokteran.” Pertanyaan itu nyakitin gue sebenernya, kenapa setiap orang harus nganggep kalo anak SMA itu pasti anak IPA? Apa mereka yang nanya itu ga pernah SMA? Atau apa emang di Indonesia ini IPA dianggep jurusan paling baik sedunia?
Gue sering mikir, kenapa ketidakadilan ini selalu ditimpakan ke anak IPS. Anak IPS dibilang anak nakal lah, pemikirannya aneh sampe mau masuk IPS lah, kelakuannya jauh lah sama anak IPA. Kalo emang pemikiran-pemikiran itu masih jadi momok, sekalian aja minta ke Menteri Pendidikan buat ngehapus jurusan IPS, gampang kan ;)
iedl adha routinity, NYATE!!!

see the IPS? ;)

With my lovely classmate, wiwik, yearbook photoshot
with Dede, XII grader classmate, yearbook photoshot







all of them, ME and my beloved SOCIALIZER

I found her when I was in XI grader, Mega

Gue bangga jadi anak IPS. Sangat bangga. Gue bisa deket sama semua anak IPS walaupun beda kelas. Gue bisa deket sama guru-guru gue karena emang guru-guru gue nggak jaim buat deket sama muridnya. Gue bisa kompak sama temen-temen kelas gue dalam banyak hal. Gue bisa dapet peringkat 2 paralel karena gue masuk IPS. Coba kalo gue masuk IPA, jadi apa gue? NOTHING. Walaupun gue kadang-kadang eneg sama kelakuan temen-temen gue yang ribut sendiri kalo pelajaran, gue tetep seneng. Karena gue tau itu gak akan gue rasain kalo masuk IPA. Buat gue IPS itu tempat dimana gue bisa bener-bener ngerasain masa-masa SMA gue. Dan gue akan selalu bangga jadi anak IPS :)
Rata Penuh

You Might Also Like

0 comment(s)